Home » » Cara Memotong Objek 3D di Autocad

Cara Memotong Objek 3D di Autocad


Bagaimana cara memotong objek 3D di Autocad..??
jawab :
Anda bisa menggunakan command slice, atau tool subtract untuk memotong objek 3D di Autocad.

Sharing Knowledge kali ini kita membahas tentang Cara Memotong Objek 3D di Autocad.
Ada berbagai cara untuk memotong objek diantaranya :  versi penulis

1. Memotong Objek dengan Tool Subtract.
  • Buatlah Rectangle 100,100 dan lakukan perintah offset 20 ke arah dalam serta fillet 10 untuk masing-masing rectangle ( seperti gambar di bawah ini )

  • Ubah terlebih dahulu ketampilan S.E isometric. Kemudian Extrude objek Rectang Besar 20 dan rectang kecil 10, kemudian naikkan objek rectang kecil dengan cara klik objek rectang kecil lalu klik tool move - specify base point or <displacement> : isikan dengan 0,0,10 yang artinya x=0,y=0,z=10 berarti objek rectang kecil hanya berpindah pada sumbu Z yaitu naik keatas 10 (lihat gambar di bawah ini dan perhatikan sumbu x,y,z)

  • Setelah posisi naik seperti gambar di bawah ini.


  •  anda tinggal memberikan perintah subtract dengan cara klik menu tab modify lalu solid editing dan pilih subtract kemudian klik objek rectang besar (spasi 1x) - lalu klik rectang kecil (spasi 1x) dan jadilah sebuah asbak sederhana seperti gambar dibawah ini. anda bisa modifikasi sendiri dengan tool subtract dan hasilnya seperti gambar pertama di atas asbak terpotong miring.

2. Memotong Objek dengan Command Slice (SL)
    Kalau yang satu ini saya biasa gunakan untuk membuat atap 3D. berikut langkah-langkah untuk menggunakan tool slice.

  •  buka file 3 Dimensi anda yang mau dipotong.

  • Kemudian lakukan perintah atau ketikkan command slice ( shortcut sl lalu spasi 1x ) - lalu klik objek 3D-nya (spasi 1x) - dan muncul command seperti gambar di bawah ini.


Perhatikan...!!!
Apabila saya memilih atau menggunakan perintah :

1  Planar object  adalah memotong object dengan menggunakan objek lainnya.
    ( saya biasa gunakan untuk membuat atap 3D)
Planar Object/Surface/Zaxis/View/XY/YZ/ZX/3points] <3points> = command O
contoh :
  • Buatlah object rectang 200,200 - lalu lakukan perintah extrude 300 atau lebih dari 300 boten nopo-nopo, hhehhe . Lalu buatlah lingkaran disudut rectang tersebut yang telah di rotate 30 derajat (kik objek lingkaran lalu lakukan perintah command 3drotate - pilih garis warna merah dan hasilnya seperti gambar di bawah ini.

  • Lakukan perintah Slice (sl) dengan cara ketikkan sl lalu (spasi 1x) - kemudian pilih objek rectang (spasi 1x) - lalu ketikkan O (artinya melakukan perintah planar objek) - lalu pilih objek lingkaran kemudian pilih sudut yang berlawanan dengan objek lingkaran (sudut kanan lingkar merah pada gambar di bawah ini) - dan hasilnya seperti gambar di bawah ini.
 untuk materi Cara Membuat Atap 3D di Autocad akan saya lanjutkan pada artikel berikutnya.

2. Perintah XY , Planar Object/Surface/Zaxis/View/XY/YZ/ZX/3points] <3points> = command XY
    (biasa untuk memotong objek 3D bagian bawah menjadi setengah bagian)
Contoh:
  • Buka file objek 3D asbak yang tadi telah kita buat.

  • Lakukan perintah Slice (sl) dengan cara ketikkan sl lalu (spasi 1x) - pilih objek asbak (spasi 1x) - lalu ketikkan XY (artinya memotong dengan mengikuti sumbu XY) - lalu tentukan titik midpoint 1 (cursor segitiga) dan midpoint 2. (pada lingkaran hijau) ( lihat gambar )


  • Dan jadilah setengah objek yang telah terpotong dengan sumbu XY



Untuk perintah YZ dan ZX intinya sama dengan perintah XY. hanya titik pointnya saja yang berbeda. saran saya perhatikan sumbu X,Y,Z, saya yakin anda pasti bisa.

3. perintah 3 point, Planar Object/Surface/Zaxis/View/XY/YZ/ZX/3points] <3points> = langsung saja enter kemudian tentukan titik 1, 2, dan 3 dan Finish.
Contoh :

  • buka objek 3D asbak yang tadi telah kita buat.
  • Lakukan perintah Slice (sl) dengan cara ketikkan sl lalu (spasi 1x) - pilih objek asbak (spasi 2x) - lalu tentukan titik 1 yaitu pada sudut bawah (lihat gambar diatas yaitu cursor dengan tulisan perpendicular) - kemudian tentukan titik 2 yaitu pada sudut atas arah berlawanan pada sudut 1 ( lihat gambar yang di lingkari warna hijau) - dan untuk titik 3 anda bebas memilih mau lingkar merah kanan atau kiri pada gambar intinya yang dipilih itu yang disisahkan atau hasilnya seperti di bawah ini saya memilih lingkar sudut kanan pada gambar di atas.

Demikian sharing knowledge kali ini, semoga bermanfaat...


    Share this article :

    Poskan Komentar