Home » » Cara Membuat Gambar 3D Tangga Keong atau Tangga Putar di Autocad

Cara Membuat Gambar 3D Tangga Keong atau Tangga Putar di Autocad

Mau mendesain dan membangun tangga tapi space ruangan anda tidak cukup..??
Tangga keong sangat berguna jika space ruangan rumah anda sangat minim dan terbatas anda bisa memanfaatkan tangga keong atau nama lainnya tangga putar.pusing donk, hhee. Sharing knowledge kali ini akan memberikan tutorial tentang cara membuat tangga keong 3 dimensi di autocad.


Penasaran bagaimana membuatnya..?? mari ikuti langkah-langkah berikut :

1. buka file autocad
2. Buatlah objek circle (lingkaran) disini saya menggunakan diameter 200.
3. Buatlah objek line setengah lingkaran dan objek circle diameter 20 di center point lingkaran besar. (lihat gambar dibawah ini)
4. lakukan perintah polar array hanya pada objek line saja dengan cara pilih menu tab modify lalu pilih menu array sehingga muncul kotak dialog seperti di bawah ini lalu pilih polar array. (klik gambar untuk memperbesar)
5. klik select objek lalu pilih objek line (enter 1x),

6. klik center point (lingkar hijau pada gambar diatas), lalu anda tentukan titik center lingkaran.

7. Total number of items (lingkar merah pada gambar diatas), lalu isikan dengan angka 10 untuk meduplikasikan objek line menjadi 10.

8. untuk kolom angle to fill biarkan saja 3600

9. klik preview jika sudah klik ok.


10. Copy dahulu menjadi 2 objek yang telah di array (seperti gambar diatas), kemudian lakukan perintah trim. trim adalah memotong satu atau lebih objek gambar dengan batas objek gambar yang lain. Cara melakukan trim : klik tool trim atau shortcut tr (spasi 2x) lalu pilih garis atau objek yang mau dipotong (gambar di bawah ini adalah objek yang sudah di trim).


11. Gunakan objek yang sudah di trim (panah pink pada gambar). kemudian pilih semua objek khusus untuk yang didalam panah pink saja lalu pilih menu draw kemudian pilih region untuk menggabungkan menjadi 1 kesatuan. (lihat gambar di atas menu draw dan lingkar pink adalah tool region untuk menggabungkan objek yang terpisah sehingga menjadi 1 kesatuan objek )

12. Setelah objek pijakan tangga sudah jadi 1 kesatuan, anda tinggal memberi ketebalan objek tersebut dengan cara klik objek pijakan tangga lalu extrude (shorcut ext) berilah ketebalan 5 (ubah ke tampilan conceptual visual style) untuk melihat 3D-nya (S.E isometric)

13.Setelah diberi ketebalan lalu langkah selanjutnya adalah copy objek tersebut tepat diatasnya (lihat gambar di bawah ini)

pijakan yang berwarna merah adalah hasil dari copy_paste pijakan yang berwarna putih.

14. Ubah terlebih dahulu ke tapilan 2D wireframe, kemudian pindahkan objek pijakan yang merah seperti gambar di bawah ini dan perhatikan lingkaran.(Perhatikan Sudut)


15. langkah selanjutnya putar objek pijakan warna merah menggunakan 3Drotate dengan cara sebagai berikut:
  • klik objek pijakan warna merah
  • kemudian klik tool 3drotate (shortcut 2drotate), tempatkan di sudut lingkar biru seperti gambar pada perintah no.14 atau gambar di bawah ini no.1




  • Lalu klik garis rotate warna biru (no.2 pada gambar diatas). lalu anda diminta untuk menentukan garis akhir dengan cara klik sudut pantat kiri pijakan seperti gambar dibawah ini (endpoint)


  •  lalu anda diminta untuk sudut akhir rotate , lalu anda pilih sudut kanan pijakan seperti gambar di bawah ini. (endpoint)

  •  Finish dan jadilah seperti gambar di bawah ini. apabila anda ingin membuat pijakan lagi di atas pijakan warna merah anda tinggal ikuti langkah mulai dari perintah no.13 sampe sekiranya tinggi pijakan cukup

  •  Hasil akhir seperti gambar di bawah ini yang telah di beri pegangan dan tiang tengahnya. untuk tiang tengah anda bisa menggunakan lingkaran diameter 20 yang tadi kita buat sebelumnya tinggal di extrude saja, dan untuk pegangannya anda bisa menggunakan tool spiline.


Demikian sharing knowledge kali ini, semoga bermanfaat..., apabila ada pertanyaan silahkan berkomentar di kotak komentar blogger.
Share this article :

Poskan Komentar