Home » » Bahasa Indonesia - Berita

Bahasa Indonesia - Berita

A.  Pengertian Berita.

Berita adalah laporan peristiwa atau pendapat yang aktual, penting, serta cermat dalam fakta. Laporan yang berguna itu disusun dalam suatu jenis penulisan tertentu, sehingga dapat dipahami oleh pembaca. Dengan kata lain, berita merupakan laporan fakta. Suatu peristiwa atau kejadian atau fakta disebut sebagai berita peristiwa tersebut sudah dilaporkan.

B.  Syarat Berita.

Berita harus memenuhi syarat sebagai berikut :
1. Berlandaskan fakta
2. Aktual.
Aktual berarti bahwa berita tersebut disiarkan tidak lama setelah terjadi peristiwa. Dengan kata lain, jarak waktu terjadinya peristiwa dan waktu penyiaran berita berdekatan.
3. Menarik bagi setiap orang yang menyimak berita tersebut.
Sebuah berita menarik jika memenuhi faktor-faktor seperti: berguna, dekat dengan pembaca, bersifat konflik, merupakan berita lanjutan, berkaitan dengan tokoh-tokoh terkenal, berita sesama manusia, dan sebagainya.
4. Seimbang.
Berita harus ditulis dengan objektif dan tidak berat sebelah. Sebuah berita dikatakan objektif apabila disampaikan tanpa prasangka dan tanpa untuk mempengaruhi pembaca.
5. Lengkap.
Berita harus mampu menjawab pertanyaan 5W+1H (what, who, when, where, why, how ) yaitu menjawab pertanyaan apa, siapa, kapan, dimana, mengapa dan bagaimana.
6. Sistematis.
Berita ditulis dengan sifat piramida terbalik yaitu bagian yang berjangkauan luas dan penting diletakkan di bagian awal, sedangkan bagian yang khusus, sempit, dan kurang penting berada dibagian belakang.
7. Berita harus dapat dipahami.
Sebuah berita memiliki kejernihan pengungkapan masalah, ditulis secara ringkas menggunakan bahasa indonesia yang baik dan benar, serta tidak menggunakan bahasa yang rancu.

C.  Unsur Dan Struktur Berita.

1. Judul
2. Dateline ( tempat dan tanggal penulisan berita )
3. Lead ( Teras Berita )
4. Body ( Tubuh Berita )

D. Menyusun Naskah Berita.

Beberapa hal penting yang perlu diperhatikan dalam menyusun naskah berita yaitu :
  • Menggunakan struktur tata bahasa yang benar.
  • Menggunakan penalaran logika yang benar (logis)
  • Tidak mengandung makna ambigu.
  • Menggunakan diksi atau pilihan kata yang tepat.

E. Fakta dan Opini.

Fakta adalah Keadaan dan peristiwa yang benar-benar terjadi.
Opini merupakan kejadian yang masih berada dalam angan-angan dan belum menjadi kenyataan. Dengna kata lain opini merupakan informasi berupa gagasan, pendapat, dan harapan.
 
Share this article :

Poskan Komentar